MAKALAH ARTIKEL


  Pengertian Artikel

*    Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel didefinisikan sebagai karya tulis lengkap, misal laporan  berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya (Departemen Pendidikan Nasional, 2009).
*     Artikel merupakan karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya (KBBI 2002: 66), atau bisa juga sebuah karangan/prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas (Tartono 2005:84).
*      Artikel merupakan karya tulis atau karangan, karangan non fiksi, karangan tak tentu panjangnya, karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur, sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah, dsb, wujud karangan berupa berita atau “kharkas” (Pranata 2002: 120).

Jenis-jenis Artikel Berdasarkan dari Siapa yang Menulis
Jenis-jenis artikel berdasarkan dari siapa yang menulis dan fungsi atau kepentingannya (Tartono 2005: 85-86). Berdasarkan penulisnya, ada artikel redaksi dan artikel umum.J

1.      Artikel redaksi ialah tulisan yang di garap oleh redaksi dibawah tema tertentu yang menjadi isi penerbit.
Contoh Artikel redaksi
Bahaya Sandal Jepit Bagi Kesehatan
Jakarta, Radar Online
Rabu, 04/08/2010 [16:46:11]

Dibandingkan dengan sepatu hak tinggi, sandal jepit memang nyaman dikenakan sebagai alas kaki sehari-hari. Tapi, siapa sangka, sandal jepit menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Para ahli memeringatkan, penggunaan sandal jepit dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko terjadinya pergeseran tulang kering dan nyeri sendi. Keluhan paling sering muncul akibat penggunaan sandal jepit antara lain pergelangan kaki bengkok.
Para ahli mengatakan, sandal jepit memaksa pemakainya mengubah cara melangkah dan memberi tekanan lebih di bagian luar kaki, daripada tumit. Akibatnya, dalam jangka panjang, kaki akan mengalami kerusakan.
Disamping itu, sandal jepit menyimpan risiko cedera serius saat pemakainya tersandung.
Sandal jepit atau flip-flop adalah salah satu jenis alas kaki paling populer untuk bersantai. Di Inggris, sekitar 15 juta orang menggunakannya saat menghabiskan waktu di pantai.
Mike O'Neill, juru bicara Asosiasi Chiropodis dan Podiatrik Inggris memperingatkan efek penggunaan flip-flop yang terlalu lama. “Kurangnya dukungan dari flip-flop menyebabkan nyeri pada tendon di bagian dalam kaki dan tungkai bawah. Hal ini juga dapat menyebabkan bergesernya tulang kering,” katanya seperti dikutip dari Idiva.
Para ahli medis mengungkap, sandal jepit memiliki efek buruk yang sama dengan sepatu hak tinggi. Bahkan, pemakaian flip-flop dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dari pada stiletto. (Pt/Yen)


2.      Artikel umum merupakan tulisan yang ditulis oleh umum.
Contoh Artikel Umum
Jasa Penjajah dan Perlawanan Para Pejuang
Oleh :Vido Ardiansyah

Palestina kembali membara. Rencana pembangunan 1600 pemukiman Yahudi yang melanggar resolusi PBB, dan pembukaan sinagog di dekat masjid Al-Aqsho memicu demonstrasi besar-besaran di daerah Yerusalem. Belum lagi serangan Israel ke gaza yang mulai rutin dilaksanakan tiap hari memakan banyak korban jiwa.
Umat Islam sedunia sontak menunjukkan solidaritasnya. Termasuk di Indonesia. Demo besar terjadi di Jakarta pada 21 Maret 2010 kemarin oleh kader-kader PKS. Tidak cuma PKS, NU pun - seperti diberitakan - punya perhatian yang sama besar pada Palestina, meski tidak memilih jalan demonstrasi untuk menunjukkan perhatiannya.
Wajar ada solidaritas dari umat Islam di belahan bumi yang lain. Karena hakikat umat Islam ibarat tubuh yang satu. Apabila ada anggota tubuh yang terluka, maka anggota tubuh lain ikut merasakan sakitnya. Maka saat umat Islam di Palestina disakiti oleh Israel, sontak seluruh umat Islam di bumi mana pun bangkit untuk menyatakan protesnya. Apa pun bentuk protes itu.
Sayang, di tengah solidaritas kemanusiaan itu, ada saja cibiran dari para pendengki. Mereka melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mengejek. "Apakah anda masih menggunakan komputer buatan orang Yahudi? Apakah anda masih menggunakan jejaring sosial buatan orang Israel? Apakah web partai anda masih menggunakan php, buatan orang Israel?"
Entah ejekan ini lahir karena dengki pada yang berdemo, atau memang karena mendukung penjajahan Israel la’natullah alaih.
Jasa Fir’aun dan Perjuangan Musa
Dulu Bani Israil adalah kaum terjajah. Mereka sempat merasakan penindasan Fir’aun dalam waktu yang cukup lama, sebelum Allah swt mengutus Musa a.s. untuk membebaskan mereka dari cengkeraman Fir’aun.
Tapi Fir’aun adalah seorang yang punya jasa yang besar pada Musa a.s.
Setelah Fir’aun menerima ramalan tentang seorang laki-laki yang akan lahir dan akan meruntuhkan singgasananya, Fir’aun segera memerintahkan aparatnya untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir. Titah Fir’aun ini terdengar oleh ibu Musa a.s. yang baru melahirkan Musa. Kemudian Allah memberi ilham pada Ibu Musa untuk menghanyutkan Musa di sungai Nil agar tidak ditemukan oleh tentara Fir’aun. Ibu Musa juga memerintahkan kakak perempuan Musa untuk mengawasi hanyutnya Musa dari jauh.
Allah menyempurnakan rencana-Nya. Istri Fir’aun yang sedang mandi di sungai Nil mendapatkan seorang bayi laki-laki yang menarik perhatian. Bayi itu - Musa a.s. - kemudian diasuhnya. Sempat terjadi cek-cok dengan Fir’aun, namun pada akhirnya Fir’aun mengalah. Ia membolehkan istrinya mengasuh Musa a.s.
Musa dibesarkan dalam lingkungan istana yang penuh kemewahan. Makanannya dan segala keperluannya tercukupi. Hingga saat ia memasuki masa muda, terjadi peristiwa yang membuatnya harus lari dari lingkungan istana. Ia membunuh seseorang dari bangsa Qibthy, bangsanya Fir’aun.
Dalam pelariannya, Musa mendapatkan kenabian. Dan pada akhirnya Allah swt memerintahkannya untuk kembali pada Fir’aun demi membebaskan kaumnya dari penjajahan. Allah berfirman dalam surat Asy-Syu’ara (26): 16-22.
"Maka datanglah kamu berdua kepada Fir’aun dan katakanlah olehmu: "Sesungguhnya Kami adalah Rasul Tuhan semesta alam, lepaskanlah Bani Israil (pergi) beserta kami." Fir’aun menjawab: "Bukankah kami telah mengasuhmu di antara (keluarga) kami, waktu kamu masih kanak-kanak dan kamu tinggal bersama kami beberapa tahun dari umurmu dan kamu telah berbuat suatu perbuatan yang telah kamu lakukan itu (pembunuhan terhadap seorang Qibti) dan kamu termasuk golongan orang-orang yang tidak membalas guna. Berkata Musa: "Aku telah melakukannya, sedang aku di waktu itu termasuk orang-orang yang khilaf. Lalu aku lari meninggalkan kamu ketika aku takut kepadamu, kemudian Tuhanku memberikan kepadaku ilmu serta Dia menjadikanku salah seorang di antara rasul-rasul. Budi yang kamu limpahkan kepadaku itu adalah (disebabkan) kamu telah memperbudak Bani Israil.""
Fir’aun rupanya menagih jasanya pada Musa. "Dan kamu termasuk golongan orang-orang yang tidak membalas guna", tuduh Fir’aun. Tetapi Musa a.s. menjawab: "Budi yang kamu limpahkan kepadaku itu adalah (disebabkan) kamu telah memperbudak Bani Israil."
Perkataan Fir’aun itu rupanya satu nada dengan perkataan para pencemooh pendukung perjuangan Palestina. Mirip sekali tuduhannya: "Tidak tahu balas budi.
Dan jawaban untuk tuduhan orang-orang yang menjadi penyambung lidah Fir’aun itu pun serupa dengan jawaban Musa a.s, bahwa semua kebaikan Israel saat ini yang dimanfaatkan oleh umat Islam disebabkan penjajahan mereka terhadap umat Islam di Palestina. Bahkan penjajahan mereka dibanding jasa mereka masih sangat jauh dari setara.
Jasa Belanda dan Perjuangan Bangsa Indonesia.
Entahlah, apakah para pencemooh itu juga sadar bahwa kemerdekaan Indonesia ini turut diperjuangkan oleh orang-orang yang menimba ilmu di Belanda? Beberapa nama seperti Mochammad Hatta, Sutan Syahrir, Amir Syarifudin dan beberapa nama lain sempat menikmati kebaikan penjajah. Tapi tidak pernah disebut mereka orang yang tidak tahu berterima kasih karena perjuangan mereka merebut kemerdekaan.
Presiden Indonesia yang pertama, Ir Soekarno, menempuh pendidikannya dari sekolah yang dibangun Belanda: Technische Hoogeschool. Apakah Soekarno orang yang tidak tahu diuntung karena mengusir penjajah Belanda dari tanah Indonesia?
Penjajah Belanda juga membangun jalur kereta api di Jawa dan Sumatera. Pasca kemerdekaan, Indonesia memanfaatkan peninggalan Belanda ini. Sampai saat ini rakyat Indonesia masih menikmati jalur yang penjajah bangun. Adakah bangsa ini bangsa yang tidak tahu terima kasih karena telah menikmati kebaikan penjajah dan di lain pihak tetap memperjuangkan kemerdekaannya?
Penjajah Belanda juga membangun jalan lintas Sumatera. Hingga saat ini bangsa Indonesia menikmati jalan itu. Dan banyak lagi infrastruktur yang dibangun oleh penjajah yang dinikmati oleh bangsa Indonesia. Tidak tahu diuntungkah bangsa ini?
Jasa Penjajah dan Perjuangan Pribumi di Belahan Bumi Yang Lain.
Kita sebut Mahatma Gandhi, seorang pejuang yang lahir dari Bumi India, tanah jajahan Inggris. Rupanya beliau pernah mengenyam pendidikan Hukum di Inggris hingga ia menjadi seorang pengacara. Tapi pada akhirnya ia kembali ke India. Di India, ia menjadi tokoh yang menentang penjajahan Inggris meski dengan cara yang damai. Entahlah, akankah orang-orang yang dengki dengan dukungan perjuangan Palestina melontarkan pertanyaan serupa pada Mahatma Gandhi: "Bukankah engkau mengenyam pendidikan di Inggris, Gandhi?"
Dan kalau kita perhatikan sejarah penjajahan di muka bumi ini, rupanya para penjajah itu pun membangun infrastruktur di negeri jajahannya yang turut dinikmati oleh pribumi. Mereka juga memberi pendidikan pada pribumi hingga menyekolahkannya di negeri asli penjajah. Para penjajah itu tak kosong dengan kebaikan. Tapi di pihak lain, kita pun melihat bahwa pribumi pun tak surut melancarkan perlawanannya. Kenapa? Karena keburukan penjajah lebih besar dari kebaikannya. Dan kebaikan penjajah yang dirasakan pribumi itu sama sekali bukan alasan untuk menyurutkan perlawanan.
Lalu entah kenapa dewasa ini para pendengki mencela para pejuang kemerdekaan dengan mengungkit-ungkit kebaikan penindas?
Para pendengki itu pun mengkritik seruan boikot produk Israel, termasuk seruan boikot produk ICT Israel yang didengungkan oleh Menkominfo kemarin-kemarin ini. Padahal boikot itu adalah sebuah ikhtiar perlawanan terhadap penindasan. Kalau pun para pemboikot itu masih memanfaatkan kebaikan penindas, seperti PHP dsb, para pejuang terdahulu pun banyak yang memanfaatkan jasa penindas. Rakyat India di bawah pimpinan Gandi, Ahimsa, Satya Graha, Hartal, dan Swadesi pun pernah berikhtiar serupa: memboikot produk Inggris dan tidak bekerja sama dengan Inggris. Padahal di sisi lain Inggris sudah banyak membangun untuk India.
Lontarkanlah argumen Musa a.s. atas pertanyaan Fir’aun masa kini, dan perjuangan tidaklah terhentikan. Karena syarat menjadi pejuang adalah tidak takut atas celaan orang yang mencela.

Jenis-jenis Artikel Berdasarkan Fungsi atau Kepentingannya
1.      Artikel khusus adalah nama lain dari artikel redaksi.
Contoh Artikel Khusus
Tiga Manfaat Musik untuk Kesehatan

Bekasi, Radar Online
Jumat, 26/03/2010 [09:55:15]

Untuk sebagian orang Musik bukan hanya sekedar hiburan. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa melodi yang baik merupakan obat yang baik. Musik dapat meredakan rasa sakit, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, memperbaiki mood, serta menyembuhkan insomnia.
Sekarang ini, terapis musik bersertifikasi bahkan menggunakan musik untuk mengatasi penyakit jantung, asma dan kepikunan. Tapi, Anda tidak perlu mempelajari teori musik untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan keharmonisan antara fisik dan mental Anda.
Merasa Sakit? Cobalah padukan musik dengan imajinasi
Peneliti dari Cleveland Clinic menemukan bahwa mendengarkan musik selama satu jam sehari bisa mengurangi rasa sakit hingga 20 persen. Musik juga dinyatakan bisa mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit sebelum dan sesduah operasi.
Menurut profesor di bidang terapi musik dari Arts and Quality of Life Research Center di Temple University, Cheryl Dileo, musik menstimulasi pelepasan endorphin di otak. Zat kimia otak ini berfungsi menutupi rasa sakit. Selain itu, musik juga bisa memaksimalkan efek latihan visualisasi yang dikenal dengan guided imagery. Dalam latihan ini, pasien diminta fokus pada satu gambar tertentu.
Terapi Pribadi

Menurut Joke Brandt, PhD dari Temple University, Anda bisa mencoba terapi musik sendiri di rumah. Cobalah duduk bersila di atas kursi nyaman dengan mata terpejam . Jika rasa sakit membatasi gerakan Anda, pilihlah musik yang membuat Anda merasa berenergi. Jika mengalami gangguan tidur, pilihlah nada yang membuat Anda rileks.
Selanjutnya, pikirkan salah satu tempat favorit Anda, seperti sungai yang tenang atau pantai di tempat terpencil."Fokuslah pada tarikan nafas dan sensasi di dalam tubuh Anda. Bayangkan semua indra Anda berinteraksi dengan tempat favorit tersebut, mulai dari aroma, bunyi, hingga pemadangan. Saat pikiran Anda sedang mengembara, fokuslah pada musik," terang Brandt. Jangan langsung berdiri begitu musik berhenti. Tetaplah duduk tenang selama satu atau dua menit. Ulangi setiap hari.
Susah Tidur? Cobalah atasi dengan musik
Studi dari University of Toronto menemukan, penderita insomnia yang mendengarkan pianio klasik selama empat minggu mengalami perbaikan tidur. Terapi ini, menurut peneliti, meningkatkan kadar melatonin, zat kimia otak yang mendorong tidur nyenyak. 
Terapi Pribadi

Phil Eichling, MD dari pusat gangguan tidur di University of Arizona menganjurkan Anda agar menjadikan musik sebagai bagian dari ritual tidur. Menurut Eichling, semua musik yang berkaitan dengan relaksasi bisa membantu.
Sedang Stres?
Peneliti dari Cleveland Clinic Sandra Siedlecki, PhD, menemukan bahwa mendengarkan musik riang bisa meredakan gejala-gejala depresi hingga 25 persen. Tidak hanya itu, masih banyak studi lain yang mengungkap manfaat musik.
Studi baru-baru ini dari Prancis menyatakan bahwa musik New Age bisa mengurangi kadar hormon stres cortisol. Studi dari University of California menyatakan bahwa mendengarkan musik klasik bisa menurunkan tekanan darah. Sebuah studi dari Jepang menyatakan bahwa musik favorit Anda bisa mengusir keletihan saat berolahraga.
Terapi Pribadi
Saat berusaha menghibur diri, terang Dileo, cobalah menghindari lagu-lagu sedih. Pilihlah lagu riang. Mendengarkan musik ini selama 10 hingga 20 menit tanpa gangguan bisa memperbaiki mood. Selamat mencoba. (Mi/Ik/Ran)

2.      Artikel sponsor ialah artikel yang membahas atau memperkenalkan sesuatu (produk, lembaga, jasa, dll.) bersifat promosi atau iklan yang berbentuk artikel.

Contoh Artikel Sponsor

Industri Telekomunikasi Semakin Diburu Konsumen
Oleh : Rosi Rosyanti

Bisnis handset, umpamanya, turut berkembang dahsyat mengikuti perkembangan industri telekomunikasi. Bahkan sampai sekarang, biarpun sudah dikuasai merek-merek ternama dunia seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung dan Motorola, pasar masih membuka diri terhadap pemain-pemain baru, yang lokal sekalipun.
Salah satu pendatang baru yang sedang menikmati manisnya madu bisnis handset adalah PT Metrotech Jaya Komunika (MJK). Hadir sedikit terlambat dibanding merek-merek lain, perusahaan yang mengusung merek Nexian ini sekarang muncul sebagai kuda hitam di bisnis handset nasional. Bahkan, merek ini sempat membuat geger pasar handset nasional lewat varian NX-G900. Telepon seluler (ponsel) yang dijuluki NexianBerry ini begitu diminati konsumen, sehingga untuk mendapatkannya, harus rela antre.
Nexian melihat adanya tren baru yang luar biasa ditengah masyarakat: bergabung dengan jejaring sosial facebook dan sangat meminati Blackberry. Nexian mulai melakukan riset dan pengembangan ponsel baru yang akan diluncurkan di tahun 2009. Ponsel jenis ini dinamakan ponsel QWERTY yang bisa melayani berbagai aplikasi BlackBerry seperti chat aplication, dan tentu saja Facebook.
Karena desainnya yang sangat mirip BlackBerry yang sedang booming dan sangat diminati konsumen dari remaja sampai dewasa laki-laki maupun perempuan, ponsel ini pun kemudian dijuluki NexianBerry. Ternyata, tanggapan masyarakat terhadap NexianBerry juga sangat baik. Permintaan yang tinggi terjadi di semua jalur distribusi, dealer, dan dari luar kota. Antrean panjang sering terlihat di tempat-tempat penjualan NexianBerry. Bahkan, harga di tingkat pedagang pernah naik menjadi Rp 1,5 juta. Ini pertama kalinya harga ponsel merek lokal bukan turun, tetapi malah naik. Pencapaian ini mendorong nexian menambah kapasitas dan jumlah produk yang didistribusikan.
Kini 500 ribu unit NexianBerry telah dilepas ke pasar untuk memenuhi permintaan yang sangat tinggi. Nexian menargetkan 2 juta unit NexianBerry akan terjual di tahun ini. Adapun untuk penjualan keseluruhan, Nexian menargetkan 4 juta unit. Untuk mencapai target-target ini, sejak awal Nexian memang menempuh jalan promosi yang tidak biasa karena tidak menutup mata terhadap keterbatasan yang dimilikinya. Nexian lebih suka melakukan kerja sama dan membangun jaringan dengan pihak-pihak terkait.
Harus diakui, resource dan dukungan finansial Nexian belum besar. Karena itu, Nexian berkerja sama dengan hampir semua operator seluler. Juga, dengan beberapa bank. Nexian memanfaatkan kanal modern seperti gerai-gerai ritel di Indonesia. Tidak seperti perusahaan-perusahaan besar yang punya peluru iklan yang sangat banyak, Nexian punya peluru terbatas. Satu peluru itu harus kena ke sasaran. Satu produk yang diluncurkan harus dipastikan menjadi hit di pasar.

Model Penulisan Artikel
Pada dasarnya, ada beberapa jenis model penulisan artikel. Model-model tersebut bisa di kelompokkan kepada tingkat kerumitannya.
1.            Model penulisan populer.
Merupakan model penulisan yang paling mudah. Tulisan populer biasanya tulisan ringan yang tidak “njelimet” atau rumit dan bersifat hiburan. Selain itu, bahasa yang digunakan juga cenderung bebas (perhatikan, misalnya bahasa yang digunakan di majalah). Model yang paling sulit ialah
2.            Model penulisan ilmiah.
Merupakan model penulisan yang paling sulit. Model ini mensyaratkan  objektivitas dan kedalaman pembahasan, dukungan informasi yang relevan,  dan  biasa yang di harapkan menjelaskan “ mengapa” atau “bagaimana” suatu perkara itu terjadi, tanpa pandang bulu dan eksak (Soesono 1982 :2). Dari aspek bahasa, tentu saja tulisan ilmiah mensayaratkan bahasa yang baku.
3.            Penulisan ilmiah populer.
Adalah satu model penulisan yang berada di tengah-tengah, antara model popular dan ilmiah. Model tersebut di kenal dengan penulisan ilmiah populer dan merupakan perpaduan penulisan populer dan ilmiah. Istilah ini mengacu pada tulisan yang bersifat ilmiah, namun di sajikan dengan cara penuturan yang mudah dimengerti (Soesono 1982:6 Creste 2005 : 171). Meskipun bersifat ilmiah (karena memakai metode ilmiah), bukan berarti tulisan yang di hasilkan di tujukan kalangan akode misi. Sebaliknya, artikel ilmiah populer di tujukan kepada para pembaca umum, dan kita perlu membedakan antara kosakata ilmiah dan populer. Kata-kata populer merupakan kata-kata yang akan di pakai dalam komunikasi sahari-hari, sedangkan kata-kata yang biasa di pakai oleh  kaum pelajar terutama dalam penulisan ilmiah, pertemuan-pertemuan resmi, diskusi-diskusi khusus disebut kata-kata ilmiah (Kepaf 2004 : 105-106).

Langkah-langkah dalam menulis artikel
Berikut adalah langkah-langkah menulis artikel.
ü  Menguji gagasan
Prinsip paling dasar dari  melakukan kegiatan menulis adalah menentukan atau memastikan topik atau gagasan apa yang hendak di bahas. Jika, sudah di tentukan gagasannya, kita bisa melakukan sejumlah pengujian.
(georgina dalam Pranata 2002:124;band nadeak 1989:44)
ü  Pola penggarapan artikel
Ketika hendak menulis artikel, kita tidak hanya diperhadapkan pada satu kemungkinan. Soesono (1982:16-17) memaparkan setidaknya lima pola yang bisa di gunakan untuk menyajikan artikel tersebut. Pola pemecahannya antara lain:
*      Pola pemecahan topik :
Pola ini untuk memcah  topik yang masih berada dalam lingkup pembicaraan yang menjadi subtopik / bagian yang lebih sempit lingkupnya kemudian di analisa. Pola dan pemecahannya : pola ini lebih dahulu mengemukakan masalah yang masih berada dalam lingkup pokok bahasan yang diberi dengan jelas. Kemudian menganalisa pemecahan masalah yang di kemukakan.        Pola kronologi : pola ini menggambarkan topik yang menurut urut-urut dan peristiwa yang terjadi.
*      Pola pendapat :
Pola ini bisa di pakai jika penulis yang bersangkutan hendak mengemukakan pendapatnya sendiri tentang  topik yang di kerjakan.
*      Pola perbandingan : pola ini membandingkan dua aspek atau lebih dari suatu topik dan menunjukkan persamaan dan perbedaannya. Pola pembandingan paling sering di gunakan untuk menyusun tulisan.

Menulis bagian pendahuluan
Untuk bagian pendahuluan, ada tujuh macam bentuk pendahuluan yang bisa digunakan (Soesono 1982 : 42).  Dengan dari tujuh bentuk pendahuluan dapat menjadi alternatif untuk mengawali penulisan artikel.

Ringkasan
Pendahuluan yang berbentuk ringkasan mengemukakan isi tulisan secara garis besar

Pernyataan yang menonojol
Pertanyaan yang berisi tentang ketertarikan atau kekaguman agar bertujuan untuk membuat pembaca merasa tertarik

Pelukisan

Pendahuluan yang melukiskan suatu fakta, kejadian, atau hal untuk membuat pembaca ingin tahu / ikut membayangkan bersama penilisan apa-apa yang hendak disajikan dalam artikel.

Anekdot
Pembukaan jenis ini menawan karena memberi selingan kepada non fiksi seolah-olah menjadi fiksi

Pertanyaan
Pendahuluan ini memberikan rangsangan keingintahuan sehingga dianggap pendahuluan yang bagus / baik.  
      
Kutipan orang lain
Pendahuluan berupa kutipan seseorang dapat langsung menyentuh rasa si pembaca, sekaligus membawanya ke pokok bahasan yang akan dikemukakan dalam artikel itu

Amanat langsung
Pendahuluan berbentuk amanat langsung kepada pembaca agar akan terasa lebih akrab karena seolah-olah tertuju kepada perorang-orangan.

Menulis bagian pembahasan atau  tubuh utama
Untuk ini di sarankan bagiannya di pecah menjadi beberapa bagian masing-masing di batasi dengan subjudul-subjudul. Selain memberi kesempatan agar pembaca beristirahat sejenak.  Subjudul itu juga bertugas sebagai  penyegar, pemberi semangat baca yang baru (Soesono 1982: 46). Oleh karena itu, ada baiknya subjudul tidak di tulis secara kaku.

Menutup artikel
Dalam sebuah artikel bagian yang menentukan adalah penutup. Bagian ini biasanya memuat simpulan dari isi tulisan secara keseluruhan,  bisa saja berupa saran, imbalan, ajakan dan sebagainya (Tartono 2005:88)

Pemeriksaan isi artikel
Ketika selesai menulis artikel, hal selanjutnya yang perlu kita lakukan ialah melakukan pemeriksaan menyeluruh. Untuk memastikan bahwa tulisan yang kita hasilkan kita baik, kita harus rajin memeriksa tulisan kita. Untuk  memudahkan mengoreksikan artikel, beberapa pertanyaan dapat membantu kita dalam menjawab (Pranata 2002:129-130)
Untuk pembukaan, misalnya apakah kalimat pembuka bisa menarik pembaca? Dapatkah pembaca mulai mengerti ide yang kita tuangkan ? jika tulisan kita cenderung serius, adakah kata-kata yang tidak sepantasnya dikatakan?
Untuk isi/ tubuh, apakah kalimat mendukung sudah benar-benar mendukung pembukaan? apakah masing-masing kalimat berhubungan dengan ide pokok ? dan lain lain.
Untuk kesimpulan, apakah mencangkup semua ide tulisan ? bagaimana sikap / tindakan kita terhadap kata-kata dalam kesimpulan yang di buat ?
Jika kita memberikan respon “tidak” untuk tiap pertanyaan, berarti kita perlu mengecek / merevisi ulang artikel dengan mengganti dan menulis bagian yang salah.

Aspek Bahasa dalam Menulis Artikel
Melihat target pembacanya yang adalah khalayak umum, kita perlu mencermati bahasa yang kita gunakan dalam menulis artikel ilmiah populer ini. Meskipun bersifat ilmiah (karena memakai metode ilmiah), bukan berarti tulisan yang kita hasilkan ditujukan untuk kalangan akademisi. Sebaliknya, artikel ilmiah populer ditujukan kepada para pembaca umum.
Mengingat kondisi tersebut, kita perlu membedakan antara kosakata ilmiah dan kosakata populer. Kata-kata populer merupakan kata-kata yang selalu akan dipakai dalam komunikasi sehari-hari, baik antara mereka yang berada di lapisan atas maupun di lapisan bawah, demikian sebaliknya. Sedangkan kata-kata yang biasa dipakai oleh kaum terpelajar, terutama dalam tulisan-tulisan ilmiah, pertemuan-pertemuan resmi, diskusi-diskusi khusus disebut kata-kata ilmiah (Keraf 2004: 105-106).

Berikut daftar kata ilmiah dan populer.

KATA ILMIAH KATA POPULER
analogi
kiasan
anarki
kekacauan
bibliografi
daftar pustaka
biodata
biografi singkat
definisi
batasan
diskriminasi
perbedaan perlakuan
eksentrik
aneh
final
akhir
formasi
susunan
format
ukuran
friksi
bagian, pecahan
indeks
penunjuk
konklusi
kesimpulan
kontemporer
masa kini, mutakhir
kontradiksi
pertentangan
menganalisa
menguraikan
prediksi
ramalan
pasien
orang sakit

 Contoh Artikel
Cairan Ajaib: Air Susu Ibu
Oleh : Harun Yahya

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Allah untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan air susunya memiliki bentuk paling baik bagi tubuh bayi yang masih muda. Pada saat yang sama, ASI juga sangat kaya akan sari-sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf. Makanan-makanan tiruan untuk bayi yang diramu menggunakan tekhnologi masa kini tidak mampu menandingi keunggulan makanan ajaib ini.
Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap hari. Penelitian menunjukkan, bayi yang diberi ASI secara khusus terlindung dari serangan penyakit sistem pernapasan dan pencernaan. Hal itu disebabkan zat-zat kekebalan tubuh di dalam ASI memberikan perlindungan langsung melawan serangan penyakit. Sifat lain dari ASI yang juga memberikan perlindungan terhadap penyakit adalah penyediaan lingkungan yang ramah bagi bakteri ”menguntungkan” yang disebut ”flora normal”. Keberadaan bakteri ini menghambat perkembangan bakteri, virus dan parasit berbahaya. Tambahan lagi, telah dibuktikan pula bahwa terdapat unsur-unsur di dalam ASI yang dapat membentuk sistem kekebalan melawan penyakit-penyakit menular dan membantunya agar bekerja dengan benar.
Karena telah diramu secara istimewa, ASI merupakan makanan yang paling mudah dicerna bayi. Meskipun sangat kaya akan zat gizi, ASI sangat mudah dicerna sistem pencernaan bayi yang masih rentan. Karena itulah bayi mengeluarkan lebih sedikit energi dalam mencerna ASI, sehingga ia dapat menggunakan energi selebihnya untuk kegiatan tubuh lainnya, pertumbuhan dan perkembahan organ.
Air susu ibu yang memiliki bayi prematur mengandung lebih banyak zat lemak, protein, natrium, klorida, dan besi untuk memenuhi kebutuhan bayi. Bahkan telah dibuktikan bahwa fungsi mata bayi berkembang lebih baik pada bayi-bayi prematur yang diberi ASI dan mereka memperlihatkan kecakapan yang lebih baik dalam tes kecerdasan. Selain itu, mereka juga mempunyai banyak sekali kelebihan lainnya.
Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa. Selain sebagai zat penting bagi otak dan retina manusia, minyak tersebut juga sangat penting bagi bayi yang baru lahir. Omega-3 secara khusus sangat penting selama masa kehamilan dan pada tahap-tahap awal usia bayi yang dengannya otak dan sarafnya berkembang secara nomal. Para ilmuwan secara khusus menekankan pentingnya ASI sebagai penyedia alami dan sempurna dari omega-3.
Selanjutnya, penelitian yang dilakukan para ilmuwan Universitas Bristol mengungkap bahwa di antara manfaat ASI jangka panjang adalah dampak baiknya terhadap tekanan darah, yang dengannya tingkat bahaya serangan jantung dapat dikurangi. Kelompok peneliti tersebut menyimpulkan bahwa perlindungan yang diberikan ASI disebabkan oleh kandungan zat gizinya. Menurut hasil penelitian itu, yang diterbitkan dalam jurnal kedokteran Circulation, bayi yang diberi ASI berkemungkinan lebih kecil mengidap penyakit jantung. Telah diungkap bahwa keberadaan asam-asam lemak tak jenuh berantai panjang (yang mencegah pengerasan pembuluh arteri), serta fakta bahwa bayi yang diberi ASI menelan sedikit natrium (yang berkaitan erat dengan tekanan darah) yang dengannya tidak mengalami penambahan berat badan berlebihan, merupakan beberapa di antara manfaat ASI bagi jantung. Selain itu, kelompok penelitian yang dipimpin Dr. Lisa Martin, dari Pusat Kedokteran Rumah Sakit Anak Cincinnati di Amerika Serikat, menemukan kandungan tinggi hormon protein yang dikenal sebagai adiponectin di dalam ASI. Kadar Adiponectin yang tinggi di dalam darah berhubungan dengan rendahnya resiko serangan jantung. Kadar adiponectin yang rendah dijumpai pada orang yang kegemukan dan yang memiliki resiko besar terkena serangan jantung. Oleh karena itu telah diketahui bahwa resiko terjadinya kelebihan berat badan pada bayi yang diberi ASI berkurang dengan adanya hormon ini. Lebih dari itu, mereka juga menemukan keberadaan hormon lain yang disebut leptin di dalam ASI yang memiliki peran utama dalam metabolisme lemak. Leptin dipercayai sebagai molekul penyampai pesan kepada otak bahwa terdapat lemak pada tubuh. Jadi, menurut pernyataan Dr. Martin, hormon-hormon yang didapatkan semasa bayi melalui ASI mengurangi resiko penyakit-penyakit seperti kelebihan berat badan, diabetes jenis 2 dan kekebalan terhadap insulin, dan penyakit pada pembuluh nadi utama jantung.
Fakta tentang "Makanan Paling Segar" [ASI]
Full hygiene may not be established in water or foodstuffs other than mother’s milk.
Fakta tentang ASI tidak berhenti hanya sampai di sini. Peran penting yang dimainkannya terhadap kesehatan bayi berubah seiring dengan tahapan-tahapan yang dilalui bayi dan jenis zat-zat makanan yang dibutuhkan pada tahapan tertentu. Kandungan ASI berubah guna memenuhi kebutuhan yang sangat khusus ini. ASI, yang selalu siap setiap saat dan selalu berada pada suhu yang paling sesuai, memainkan peran utama dalam perkembangan otak karena gula dan lemak yang dikandungnya. Di samping itu, unsur-unsur seperti kalsium yang dimilikinya berperan besar dalam perkembangan tulang-tulang bayi.
Meskipun disebut sebagai susu, cairan ajaib ini sebenarnya sebagian besarnya tersusun atas air. Ini adalah ciri terpenting, sebab selain makanan, bayi juga membutuhkan cairan dalam bentuk air. Keadaan yang benar-benar bersih dan sehat mungkin tidak bisa dimunculkan pada air atau bahan makanan, selain pada ASI. Namun ASI – sedikitnya 90% adalah air – , memenuhi kebutuhan bayi akan air dalam cara yang paling bersih dan sehat.
ASI dan Kecerdasan
Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan otak pada bayi yang diberi ASI lebih baik daripada bayi lain. Penelitian pembandingan terhadap bayi yang diberi ASI dengan bayi yang diberi susu buatan pabrik oleh James W. Anderson – seorang ahli dari Universitas Kentucky – membuktikan bahwa IQ [tingkat kecerdasan] bayi yang diberi ASI lebih tinggi 5 angka daripada bayi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini ditetapkan bahwa ASI yang diberikan hingga 6 bulan bermanfaat bagi kecerdasan bayi, dan anak yang disusui kurang dari 8 minggu tidak memberikan manfaat pada IQ.
Apakah ASI Dapat Memerangi Kanker?
Berdasarkan hasil seluruh penelitian yang telah dilakukan, terbukti bahwa ASI, yang dibahas dalam ratusan tulisan yang telah terbit, melindungi bayi terhadap kanker. Hal ini telah diketahui, walaupun secara fakta mekanismenya belum sepenuhnya dipahami. Ketika sebuah protein ASI membunuh sel-sel tumor yang telah ditumbuhkan di dalam laboratorium tanpa merusak sel yang sehat mana pun, para peneliti menyatakan bahwa sebuah potensi besar telah muncul. Catharina Svanborg, Profesor imunologi klinis di Universitas Lund, Swedia, memimpin kelompok penelitian yang menemukan rahasia mengagumkan ASI ini.Kelompok yang berpusat di Universitas Lund ini menjelaskan kemampuan ASI dalam memberikan perlindungan melawan beragam jenis kanker sebagai penemuan yang ajaib.
Awalnya, para peneliti memberi perlakuan pada sel-sel selaput lendir usus yang diambil dari bayi yang baru lahir dengan ASI. Mereka mengamati bahwa gangguan yang disebabkan oleh bakteri Pneumococcus dan dikenal sebagai pneumonia berhasil dengan mudah dihentikan oleh ASI. Terlebih lagi, bayi yang diberi ASI mengalami jauh lebih sedikit gangguan pendengaran dibandingkan bayi yang diberi susu formula, dan  menderita jauh lebih sedikit infeksi saluran pernapasan. Pasca serangkaian penelitian, diperlihatkan bahwa ASI juga memberikan perlindungan melawan kanker. Setelah menunjukkan bahwa penyakit kanker getah bening yang teramati pada masa kanak-kanak ternyata sembilan kali lebih sering menjangkiti anak-anak yang diberi susu formula, mereka menyadari bahwa hasil yang sama berlaku pula untuk jenis-jenis kanker lainnya. Menurut hasil penelitian tersebut, ASI secara tepat menemukan keberadaan sel-sel kanker dan kemudian membunuhnya. Adalah zat yang disebut alpha-lac (alphalactalbumin), yang terdapat dalam jumlah besar di dalam ASI, yang mengenali keberadaan se-sel kanker dan membunuhnya. Alpha-lac dihasilkan oleh sebuah protein yang membantu pembuatan gula laktosa di dalam susu
Berkah Tanpa Tara Ini Adalah Karunia Allah
Ciri menakjubkan lain dari ASI adalah fakta bahwa ASI sangat bermanfaat bagi bayi apabila disusui selama dua tahun. Pengetahuan penting ini, hanya baru ditemukan oleh ilmu pengetahuan, telah diwahyukan Allah empat belas abad silam di dalam ayat-Nya:  ”Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan..." (QS, Al Baqarah, 2:233)
Sang ibu bukanlah yang memutuskan untuk membuat ASI, sumber zat makanan terbaik bagi bayi yang lemah yang memerlukan makanan di dalam tubuhnya. Sang ibu bukan pula yang menentukan beragam kadar gizi yang dikandung ASI. Allah Yang Mahakuasa-lah, Yang mengetahui kebutuhan setiap makhluk hidup dan memperlihatkan kasih sayang kepadanya, Yang menciptakan ASI untuk bayi di dalam tubuh sang ibu.

Artikel Opini
Artikel opini didefinisikan sebagai tulisan yang menyajikan pemikiran, pendapat, ide, dan opini penulisnya tentang berbagai fakta kejadian. Karena tempatnya terbatas, artikel opini biasanya diterbitkan di koran atau majalah. Karena tempatnya terbatas, artikel pada umumnya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 4-6 halaman kuarto spasi ganda. Artikel opini adalah sebuah tulisan yang menekankan pada pendapat seorang penulis sendiri. Opini ini dilekatkan pada artikel ilmiah popular yagn dimuat di media massa seperti koran. Artikel opini diletakkan di halaman tengah bersama tajuk rencana dan surat pembaca. Artikel opini biasanya ditulis dengan gaya ilimiah popular karena tulisan ini ditujukan bagi pembaca umum dari majalah/koran karena ditujukan bagi pembaca umum dari majalah/koran.

Proses Menulis yang Disarankan bagi Kalangan Pemula

Menurut Iqbal (2009)
1.      Free Writingberarti kita menulis secara bebas, tanpa memedulikan bagus atau tidaknya tulisan yang sedang digarap. Pokoknya terus saja menulis sampai tuntas, sampai tidak ada lagi yang mau ditulis. Sekalipun tidak urut, biarkan saja. Apalagi kita berasa dalam suatu kondisi tertentu, misalnya marah atau gembira, atau dalam pengatuh tekanan tertentu (seperti ujian esai), biasanya kita akan menulis dengan metode free-writing.  Dengan dorongan situasi tertentu itulah kita akan menulis dengan lancer. Namun, tentu saja tulisan tersebut, belum dapat dikatakan memuaskan karena tidak ditulis secara sistematis. Untuk itulah proses menyunting diperlukan. Di sinilah saatnya kita mulai menyunting, mulai membuang yang tidak perlu, menyusun lagi urutannya, serta menyempurnakan bahawanya. Bisa diulang berkali-kali, sampai akhirnya kita suka dan puas dengan hasil akhirnya.
2.      Re-writing atau menulis ulang. Ini sangat cocok dan sangat mudah bagi kalangan pemula. Hal yang kita lakukan adalah mengumpulkan bahan-bahan (referensi atau hasil wawancara), lalu menulis ulang kembali bahan tersebut dengan tentu saja memakai gaya bahasa sendiri. Sebut sajalah hasilnya serbagai naskah ramuan.

Pengembangan Paragraf dan Merangkai Kalimat
Lalu bagaimanakah memuat serangkaian artikel kita tersebut menjadi enak dibaca? Kuncinya adalah pengembangan paragraf dan keterkaitan antarkalimatnya. Para calon penulis harus mengerti apa yang disebut dengan pengembangan paragraph. Paragraph terdiri atas beberapa kalimat. Dalam setiap paragraph atau alinea biasanya terdapat satu pokok gagasan. Gagasan pokok dalam setiap paragraph disebut kalimat pokok (topic sentence).
Seberapa panjang paragraf yang baik? Jawabannya terserah penulis itu sendiri. Dengan kata lain, panjang atau pendeknya sebuah paragraph bergantung pada jumlah rincian yang akan ditampilkan untuk mendukung ide pokok dalam paragraph tersebut. Saat kita menulis sebuah paragraph, pikirkanlah calon pembaca yang dituju. Hal-hal yang dirasa cukup sulit dipahami diletakkan dalam paragraph yang panjang. Hal ini penting karena diharapkan pembaca tulisan kita akan mudah memahami gagasan pokok dalam setiap paragraf. Pemenggalan paragraf juga wajib diperhatikan oleh penulis. Pemenggalan yang baik memungkinkan dengan mudah bagi pembaca untuk memahami alur berpikir dan sistematika penulis artikel.
Dalam setiap paragrap terdapat sebuah kalimat topik yang didukung oleh kalimat-kalimat pendukung. Kalimat-kalimat pendukung ini menyajikan penjelasan terhadap kalimat topik tersebut. Kalimat topik merupakan kalimat inti dalam suatu paragraf. Kalimat topik biasanya diletakkan pada awal paragraph atau bisa juga pada akhir paragraf.
Dalam satu paragraf, bukti-bukti, proporsi-proporsi, dan sebagainya dapat dirangkai dengan berbagai strategi. Ada tiga strategi utama dalam mengurutkan informasi dalam sebuah paragraf (Alwaisah dan Alwasilah, 2007). Pertama, natural order, yaitu cara penyampaian informasi yang ditentukan sifat alamiah materi yang disajikan, seperti berdasarkan ruang: kiri ke kanan, bawah ke atas, utara ke selatan dan sebagainya; atau kronologis: dari masa lalu ke saat ini, dari hari ke tahun dan sebagainya. Kedua, logical order, yaitu penyajian sebuah paragraf yang ditentukan oleh logika si penulis, misalnya dengan mengikutilogika pro-kontra, sebab akibat, umum ke khusus, khusus ke umum, perbandingan dan klasifikasi. Ketiga, psychological order, yaitu cara penyajian oleh penulis dengan sangat berpihak pada psikoligi pembaca, atau untuk menyenangkan pembaca.
Dalam menuangkan sebuah gagasan, penulis bukan hanya memilih cara pengembangan paragrap, tetapi juga memilih cara menyajikan informasi, baik secara verbal, visual, atau numerik. Sebagai penulis, Anda harus mampu menentukan melalui apa sebuah informasi dapat disajikan, apakah itu grafik, tabel atau diagram. Penyampaian informasi secara verbal benar-benar harus dijelaskam lewat kalimat, konsep, dan pemahaman yang harus dijelaskan secara gamblang agar pembaca benar-benar memahami artikel kita. Sementara itu, penyampaian secara numerik adalah penyampaian informasi dengan cara menunjukkan angka-angka dalam bentuk tabel, bukan dalam kata-kata. Penyampaian informasi secara visual harus dijelaskan secara rinci, misalnya tata letak panggung dalam sebuah konser pertunjukan.
Dalam praktik, kita harus bisa memilih dan menggabungkan ketiga metode tersebut. Ketiga metode tersebut dapat digunakan secara bergantian agar artikel menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Pemilihan metode ini tergantung juga pada target pembaca yang dituju agara artikel lebih mudah dipahami melalui alat penyampaian yang tepat.
Salah satu kriteria artikel yang baik adalah adanya koherensi atau keterpaduan gagasan. Koherensi terjad bila dalam tubuh artikel kita terdapat paragraf ini dapat dicapai karena adanya taransisi antarparagraf. Cara mengembangkan paragraph agar tetap menjaga keherensi adalah dengan menggunakan kata atau frase transisi, yaitu kata atau frase yang menghubungkan ide dan rincian dalam paragraph. Terkadang transisis ini dinyatakan dalam tanda baca. Titik dua manyatakan ekspalanasi, ekspansi, atau ilustrasi; titik koma menunjukkan bahwa gagasan yang digabungkan saling terkait atau derajatnya sama.
Kata hubung antarparagraf atau kata transisi ini penting sekali untuk menunjukkan ketrekaitan antarparagraf. Kata transisi ini dapat menunjukkan penegasan kembali sebuah ide pokok pada paragraph sebelumnya, atau dapat juga menunjukkan sisi lain atau sudut pandang lain dari paragraph seblumnya. Dengan menggunakan kata transisi yang tepat, keseluruhan tulisan yang kita tulis akan enak dibaca. Berikut ini adalah kata-kata transisi yang lazim dipakai.
ü       Kualifikasi : sementara itu, daripada itu
ü       Ilustrasi dan eksplanasi : misalnya, contoh, jadi
ü      Komparasi : seperti halnya, sebagai bandingan, demikian pula, demikian halnya
ü      Kontras : akan tetapi, tetapi, namun, bila kendati demikian
ü     Konsekuensi : jadi, akibatnya, sehingga, maka dari itu, itulah sebabnya
ü     Konsesi : namun demikian, asalkan, dengan catatan
ü     Amplifikasi : lebih dari itu, lebih jauh lagi, juga, selain dari itu, memang sudah barang tentu
ü     Ringkasan atau penyimpulan : akhirnya, kesimpulannya, dengan semikian, pokoknya, jadi, masalahnya, sebagai simpulan.

Langkah Awal Menulis
Pertanyaan paling mendasar dalam menulis artikel opini di media massa adalah bagaimana mengawalinya? Kebanyakan orang cenderung bingung bagaimana mengawali menulis artikel. Kebingungan itu terkadang berimbas pada rasatidak percaya dir, atau khawatir tulisannya dianggap jelek sehingga kebanyakan takut memulai, dan akhirnya tidak pernah melakukannya. Untuk keluar dari masalah mendasar ini, sebenarnya kita hanya perlu membangun mentalitas dan menumubuhkan rasa percaya diri. Pembangunan mentalitas dan penumbuhan rasa percaya diri tersebut dapat kita bentuk dengan membiasakan diri untuk membaca, berdiskusi, berlatih menulis. Tanpa kita sadari kemampuan menulis akan tumbuh denga sendirinya.
Untuk mengawali menulis artikel opini, beberapa langkah berikut ini dapat dilakukan (Hermanvarella, 2009).
1.      Menggali ide. Ketika menemukan ide, cobalah analisis masalah (tema) tersebut. Lakukan riset data. Diskusikan dengan banyak orang sehingga analisis kita terhadap tema tersebut menjadi sebuah analisis kritis dan tajam dengan  problem solving  yang brilian.
2.      Membuat kerangka tulisan secara rinci. Pastikan kerangka tulisan kita berstruktur pembukaan, isi, dan penutup. Struktur yang demikian memungkinkan hasil tulisan kita mudah dibaca dan dipahami oleh calon pembaca
3.      Kumpulkan data dan referensi (buku, majalah, Koran, hasil penelitian dan lain sebagainya). Refensi bermanfaat dalam membangun analisis terhadap permasalahan yang akan kita tulis sementara data berfungsi sebagai penguat.
4.      Mulailah untuk menulis. Setelah langkah-langkah sebelumnya kita lakukan, mulailah untuk menulis. Jangan menunda karena semakin banyak tulisan yang dapat kita hasilkan dengan lebih awal memulainya!
5.      Editing. Editing diperlukan untukmengetahui apakah tulisan kita sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) da layak-tidaklah tulisan kita untuk dimuat di media massa. Dalam tahapan editing ini, kita sebaiknya mengajak kawan, senior, guru, atau siapa saja yang bisa kita dapat mintai komentar terhadap tulisan yang kita buat.

Disamping itu, beberapa hal berikut perlu diperhatikan dalam menulis artikel (Sayah, 2008).
1.            Aktualitas. 
Aktualitas bagi media massa merupakan harga mati. Sebagai penulis kita harus jeli menangkap topic yang sedang hangat menjasi pembicaraan masyarakat. Topic lama dan klasik seperti “17 Agustus 1945” bisa saj amnejadi topic actual dengan judul misalnya “Sudahkah Kita Merdeka” (Kuncoro, 2009). Namun, pastikan topic kita ingin ulas di media massa merupakan topik yang actual pada saat itu.
2.            Gunakan bahasa yang lugas.
Kebutuhan terhadap bahasayang lugas dapat dipenuhi dengan memastikan kalimat dalam tulisan merupakan kalimat yang baku (efektif).
3.            Pentingnya otoritas. 
Pastikan tulisan yang akan dimuat dalam media massa sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Salah satu syarat agar tulisan kita dimuat adalah harus memiliki otoritas untuk menjelaskan kepada public. Otoritas diperlukan agar pembaca percaya terhadap penulis. Otoritas tidak selalu berarti latar belakang pendidika, tetapi bisa juga berupa aktivitas atau pekerjaan si penulis.
4.            Bahasa popular.  
Orang sering merasa bangga karena banyaknya bahasa ilmiah yang digunakan dalam sebuah tulisan. Memang, beberapa orang daapt dengann mudah memahami bahasa ilmia, tetapi juga tidak sedikit yang tidak memahami bahasa kalangan tertentu tersebut.untuk menghindari terjadinya ketidakpahaman dalam kalangan pembaca, gunakanlah bahasa yang popular dan mudah dipahami pembaca.
Yang terakhir, kunci rahasia untuk dapat menulis dorangi media massa adalah bahan! Gunakan skill  menulis apa pun yana kita miliki saat ini. Asal bisa menulis kalimat yang orang lain mengerti, tiu sudah cukup. Soal bagus atau jelek, biarkan saja. Nanti juga diperbaiki oleh editor/redactor, asalkan memang isinya “layak terbit ya “. Sambil terus berjalan, saking seringnya menulis, lama-kelamaan gaya atau cara kita menulis itu akan membaik juga secara otomatis. Akan berlaku teori “kuantitas akan melahirkan kualitas”.

Gaya Penulisan Artikel Opini
Ada empat gaya utama dalam menulis artikel opini, yaitu eksposisi, deskripsi, argumentasi, dan narasi. Masing-masing mempunyai cirri tersendiri. Patit diketahui bahwa wajar dalam satu artikel juga terdapat lebih dari satu gaya penulisan.

A.    Eksposisi
Eksposisi adalah tulisan yng tujuan utamanya adalah mengklarifikasi, menjelaskan, membidik, atau mengevaluasi sebuah persoalan. Dengan menulis bergaya eksposis, penulis mencoba untuk member informasi dan petunjuk atas suatu hal kepada pembaca. Eksposisi mengandalkan strategi pengembangan paragraf seperti dengan memberikan contoh, proses, sebab-akibat, klasifikasi. Definisi, analisis, komparasi, dan kontras. Terkadang untuk memperjelas uraian, eksposisi dapat dilengkapi dengan grafik, gambar, statistic. Sebagai catatan, tidak jarang eksposisi ditemukanhanya berisi uraian tentang langkah atau proses kerja. Eksposisi juga sering disebut sebagai paparan proses (Alwasilah&Alwasilah, 2007).

Contoh Artikel Eksposisi
Neolib, Neoriberal, Apa itu?
Oleh: Thee Kian Wee

            Kampanye politik kian panas, kadaasng dicirikan stigmitisai lawan politik yang nyaris bersifat fitnah. Fitnah-fitnah itu, misalnya “antek asing”, neolib, atau neoliberal, tanpa penjelasan apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Pemberian “cap” (label) pada lawan politik tanpa rinci dengan stigmatisasi ini tidak membantu pendidikan politik masyarakat dan tidak kondusif bagi perkembangan demokrasi yang lebih dewasa di negara kita.
            Tulisan ini membatasi pada istilah “neolib” dan “neoliberal”. Istilah ini mengesankan bahwa seorang politikus atau pejabat yan dicap “neoliberal” adalah orang yang menganut ideology sesat yang dapat merugikan Negara dan bangsa. Misalnya, setelah nominasi Boediono, mantan Gubernur Bank Indonesia, sebagai calon wakil presiden mendampingi calon presiden SBY, beberapa kalangan menuduhnya sebagai seorang “neoliberal”, amat mungkin merekan tidak mengetahui arti istilah itu.
            Pada dasarnya perdebatan tentang kebijakan neoliberalisme berkisar tentang campur tangan pemerintah dalam ekonomi. Campur tangan ini diperlukan guna menanggulangi berbagai distorsi atau “kegagalan pasar” (market failure).
            Akan tetapi, pengalaman di sejumlah negara maju maupun berkembang, termasuk Indonesia, menunjukkan campur tangan pemerintah dalam ekonomi juga bisa menimbulkan “kegagalan pemerintah”. Kadang dampak “kegagalan pasar” karena menimbulkan distorsi ekonomi baru (akibat campur tangan pejabat yang berlebihan atau membuka peluang bagi kegiatan pemburu rente).
Sumber: Wie (2009)

B.     Deskripsi
Gaya deskripsi lebih member gambaran verbal terhadap sesuatu akan ditulis, baik itu manusia, objek, penampilan, pemandangan, atau kejadian. Cara penulisan ini menggambarkan sesuatu objek atau kejadian sedemikian rupa sehingga pembaca dibuat seolah-olah melihat sendiri, mengalami, dan merasakan apa yang terjadi sebagaimana dipersepsikan oleh pancaindra, deskripsi sangat mengandalkan pencitraan yang konkret dan mendetail. Karena dapat dicitrakan dengan pancaindra, tulsian dengan gaya deskripsi cenderung impresif dan hidup sehingga dapat menggugah hati para pembaca.
Deskripsi sering dikombinasikan dengan tulisan bergaya narasi. Deskripsi dapat menjelaskan dan mengembangkan sebuah komparasi, proses, definisi, argumen, dan klasifikasi, dan strategi-strategi lainnya. Deskripsi bisa bersifat objektif dan subjektif tergantung tujuan penulisan. Deskripsi juga dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu: deskripsi ekspositoris yang cenderung labih logis dan deskripsi impresionistis atau stimulatif yang cenderung mengekspresikan apa yang dialami penulis.
Menurut Alwasilah dan Alwasilah (2007), pola pengembangan paragraph deskripsi ada tiga jenis:
ü     Paragraf deskripsi spesial: paragraf ini menggambaarkan objek khusus lokasi,tempat, atau geografi.
ü     Paragraf deskripsi subjektif: paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsir atau kesan perasaan penulis.
ü   Paragraf deskripsi objektif: paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.

Contoh Artikel Deskripsi
Reformasi Iklim Investasi

            Dipilihnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) sebagai presiden dan wakil presiden tampaknya mencerminkan tingginya harapan rakyat dan perubahan mendasar di Indonesia. Dalam pidato 30 hari pertama pem strateerintahannya, SBY menjelaskan tiga strategi dalam bidang ekonomi, yang disebut triple strategy, yaitu mencapai pertumbuhan ekonomi 6,5 persen per tahun, menggerakkan kembali sector riil, serta revitalisasi pertanian dan perekonomian pedesaan.
            Namun, setelah melewati satu tahun pemerintahannya, SBY mengakui iklim dunia usaha, yang mampu menggerakkan sector riil danmeningkatkan investasi, belum kondusif seperti yang diharapkan. Tidak mengherankan jika banyak kalangan mulai mempertanyakan seberapa jauh keseriusan pemerintah dalam mengubah iklim dunia usaha maupun keberpihakan kepada rakyat banyak. Dunia usaha merasa upaya pemerintah masih belum tuntas dan serius dalam menekan ekonomi biaya tinggi. Berbagai kebijakan seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang rata-rata lebih dari 120 persen, kenaikan suku bunga, kenaikan upah minimum, dan segera menyusul kenaikan tariff dasar listrik dan gas telah memukul dunia usaha, baik besar maupun kecil. Jangankan bicara daya saing, untuk bertahan hidup saja banyak perusahaan mengaku kembang kempis.

C . Narasi
Narasi berasal dari kata to narrate, yang berarti bercerita. Cerita adalah rangkaian peristiwa atau kejadian secara kronologis, baik fakta maupun rekaan atau fiksi. Narasi bisa saja dimulai dari peristiwa di tengah atau paling belakang sehingga memunculkan alur yang  flashback. Narasi bisa bergaya sudut pandang orang pertama sehingga terasa subjektivitas pengarangnya, atau orang ketiga yang akan terasa sangat objektif. Narasi sering kali digabungkan dengan deskripsi dan berfungsi sebagai eksposisi atau persuasi.
Walaupun kebanyakan berupa nonfiksi (novel, cerpen, cerbung), narasi bissa berisi fakta. Contoh-contoh narasi yang berbentuk fakta adalah biografi, otobiografi, atau kisah pengalaman. Pada dasarnya narasi bisa dibagi dalam tiga bagian, yaitu awal, tengah, dan akhir (Alwasilah dan Alwasilah, 2007). Awal narasi  biasanya berisi pengantar, yatitu memperkenalkan suasana dan tokoh. Bagian awal harus dibuat menarik agar dapat memikat pembaca. Bagian tengah adalah bagian munculnya konflik, yang secara alur kemudian digiring ke klimaks. Setelah mencapai klimaks, secara berangsur-angsur cerita akan mereda. Akhir cerita yang mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam. Ada yang menceritakannya panjang, ada yang singkat, namun ada juga yang berusaha menggantungkan akhir cerita dengan mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri.

Contoh Artikel Narasi
Meletusnya Gelembung Hampa
Oleh: Tony Prasentiantono

            Bencana ekonomi atau economic disaster  itu akhirnya dating juga. Sebenarnya banyak pihak sudah meramalkan laju akselerasi sector financial Amerika Serikat suatu saat akan terkoreksi akibat “perekonomian gelembung sabun” yang dianggap sudah berlebihan. Sector financial sudah berkembang sedemikian rupa sehingga jauh meninggalkan sektor riil.
            Masalahnya, kapan dan bagaimna perekonomian gelembung sabun AS akan terkoreksi? Hari-hari ini kita menyaksikan, akhirnya gelembung sabun itu meletus dan menyeret perekonomian ke jurang resesi. Masih adakah sekeping asa bahwa resesi tidak kian berlarut-larut?
            Seberapa besar gelembung ini untuk ilustrai gaji seorang CEO (Chief Executiv Officer) sebuah perusahaan hedge fund  dilaporkan bisa mencapai dua miliar dolar AS setahun. Anda tidak sedang salah baca, gaji itu setara dengan 19 triliun! Bagaimana kita menjelaskan fenomena ini? Adilkah ini? Konon, angka itu diperoleh dari proses bekerjanya  “mekanisme pasar”. Seorang fund manager dianggap berprestasi karena berhasil melakukan leverage, alias membiakkan uang.
            Celakanya pembiakan uang itu tidak selalu bisa dikaitkan dengan kinerja fundamental perusahaan. Harga system bisa naik drastic hanya karena tertiup sentiment positif. Harga saham di Wall Street sering melonjak sedemikian rupa secara mendadak, padahal tak ada perubahan signifikan dalam laporan keuangan. Semuanya serba instan dan mudah sehingga menyerupai busa sabun yang cepat membesar, tetapi tidak memiliki volume. Isinya kosong, hampa, dan semu.
Sumber : Kompas (2006)

D.    Argumentasi
            Argumentasi adalah sebuah karangan yang membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran sebuah pernyataan. Tulisan argumen secara tradisional terbagi atas dua kategori, yaitu induktif dan deduktif. Dalam berargumen, penulis dapat memilih salah satu atau kedua kategori tersebut secara bergantian. Dalam tulisan argumentif, penulis menggunakan berbagai strategi dan retorika-retorika sebagai alat utnuk meyakinkan pembaca tentang sesuatu kebenaran atau ketidakbenaran tersebut. Tulisan argumentasi ini merupakan mungkin jenis tulisan yang paling sulit sdilakukan Karen melibatkan semua jenis tulisan lainnya. Inilah sebuah tulisan yang menghasilkan sebuah perbedaan atau mebuat sesuatu selesai.
            Argumen dalam tulisan mengandalkan berbagai jenis pertimbangan yang bertuuan untuk menguatkan argumentasi tersebut. Pertimbangan pertama adalah kredibilitas penulis menunjukkan bahwa sang penulis sangat piawai di bidang yang ia tulis dan banyak tahu tentang suatu situasi sehingga ia sangat menguasai argumentasi-argumentasinya. Kedua, pertimbangan adanya data empiris untuk mebantu menguatkan argumentasinya. Ketiga, pertimbangan asa nalar atau logika dengan memberikan pendapat disertai bukti-bukti yang ada sehingga meyakinkan pembaca. Keempat, pertimbangan emosi, nilai atau etika yang diharapkan dapat menggugah jiwa dan meluluhkan perasaan pembacanya.
            Keempat jenis pertimbangan ini haru digunakan seproporsional mungkin. Jika peritmbangan kredibilitas penulis terlalu diandalkan, muncul kesan bahwa tulisan kita mengabaikan emosi dari pembacanya. Terlalu mengandalkan logika, membuat tulisan ita terlalu berdarah dingin tanpa menunjukkan rasa empati atau simpati. Sebaliknya, bila terlampau mengandalkan pertimbangan nurani. Kita akan menunjukkan kesan tidak tegas dan lembek.
            Kekuatan sebuah argumen tergantung pada pertimbangan kita dan apa yang kita baca dan ketahui. Bila bukti yang disajikan sedikit, pembaca akan berkesimpulan bahwa argumen kita lemah. Bila bukti-bukti yan diajukan tidak sejalan dengan minat pembaca, pembaca akan mengira argumen kita mengada-ngada dan tidak relevan. Bila argumen kita salah tidak tepat, kita akan dinilai tidak sensitif  dan ngawur. Dengan demikian, kita harus berpihak pada psikologis pembaca.

Contoh Artikel Argumentasi


Menunggu Aksi Kebijakan Industri Prioritas

            Harus diakui, di masa pemerintahan SBY-JK, ketidakstabilan makroekonomi dan ketidakpastian kebijakan ekonomi makro sudah jauh menurun disbanding masa lalu. Angka-angka indicator makro ekonomi pun boleh dikata berada salam kondisi “aman dan terkendali”. Namun, banyak industry masih “terseok-seok”, dengan laju pertumbuhan rendah, daya saing rendah, dan pangsa pasar yang menurun.
            Selama periode 2005-2007, rata-rata per tahun pertumbuhan konomimencapai 5,7%, inflasi 10%, bunga SBI 9,9% dan kurs Rp. 9.343/US$. Pasar modal pun diwarnai oleh rekor-rekor baru IHSG, SUN ( Surat Utang Negara), yang terus diminati oleh investor dosmetik maupun asing. ORI (Obligasi Republik Indonesia) selalu tererap oleh invertor perseorangan dengan nilai yang melebihi target. Cafangan devisa melonjak secara signifikan, dari posisi akhir tahun 2006 sebesar US$ 34,7 miliar, naik menjadi US$ 55,1 miliar pada 7 Desember 2007.
            Bagaimana dengan sector industry? Antara tahun 1970an hingga sekarang, peranan sector industry menignkat pesat meninggalkan sector pertanian yang kontribusinya semakin menurun. Hingga akhir tahun 2007, peranan sector industry manufaktur telah mencapai sekitar 28 persen dari PDB. Sejak krisis ekonomi Asia sampai tahun 2007, pertumbuhan sector industry manufaktur hanya meningkat dengan laju satu digit, di bawah 10%. Padahal sebelum krisis pada saat sector industry nmanufaktur dapat tumbuh sengan dua digit. Selama tahun 2004-2007, industry hanya tumbuh sekitar 4, hingga 6,4%.
Sumber :Kuncoro (2009)




Daftar Pustaka
Kuncoro, Mudrajad. (2009),” Mahir Menulis Bahasa Indonesia”, Jakarta: Erlangga
http://harunyahya.com/indo/artikel/082.htm
http://harunyahya.com/indo/artikel/047.htm
Ref:http://www.swa.co.id/swamajalah/sajian/details.php?cid=1&id=9909














































Replace with advertisiment code (recomended size 468 x 60)

0 komentar:

Posting Komentar