Manusia Individu dan Sosial Serta Contoh Permasalahannya

Manusia Sebagai Makhluk Individu
Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Dalam diri individu ada unsur jasmani dan rohaninya, atau ada unsur fisik dan psikisnya, atau ada unsur jiwa dan raganya. Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata maisng-masing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotif dan genotif. Faktor genotif adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, merupakan faktor keturunan. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Ligkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan di mana seseorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengan anggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar.
Karakteristik yang khas dari seeorang dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan genotip)dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi terus-menerus.
Menurut Nursid Sumaatmadja (2000), kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang.

Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu uga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakkan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.
Tanpa bantuan manusia lainya, manusia tidak mungkin bisa berjalan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya. Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karena beberapa alasan, yaitu:
a.     manusia tunduk pada aturan, norma sosial
b.     perilaku manusia mengharapkan suatu penilaian dari orang lain
c.      manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi denga orang lain
d.     potensi manusia akan berkembang bila ia hidup ditengah-tengah manusia

Contoh Masalah yang Timbul dari Manusia sebagai Makhluk Individu
1.              Timbul sifat egois dan ingin menang sendiri pada diri seseorang
2.              Timbul sifat apatis, yang artinya masa bodo atau acuh tak acuh
3.              Timbul sikap atheis atau tidak memiliki agama pada diri seseorang
4.              Ingin menang sendiri
5.        Iri hati, dengki, dan tidak senang melihat orang lain memperoleh kebahagiaan  
         atau kesenangan
6.         Berburuk sangka
7.            Memiliki sifat pendendam
8.            Umurnya sudah dewasa akan tetapi masih manja serta tingkah laku dan  
          pemikirannya seperti anak kecil

Contoh Masalah yang Timbul dari Manusia sebagai Makhluk Sosial     
1.               Perkelahian
2.               Permusuhan
3.               Tawuran antar pelajar atau antar desa
4.               Perang antar suku karena salah paham
5.               Persaingan yang tidak sehat, baik dilingkungan pendidikan, politik, maupun  
          hukum
6.               Menyebar fitnah seseorang kepada orang lain
7.               Pilih-pilih teman atau sikap diskriminisasi
8.               Korupsi, Kolusi dan Nepotisme secara berjamaah
9.               Memiliki sifat untuk menjadi penguasa dengan menghalalkan segala cara
Replace with advertisiment code (recomended size 468 x 60)

1 komentar:

kingkong mengatakan...

terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat.

www.kiostiket.com

Poskan Komentar