Mengatasi Bengkak Di Kaki Saat Hamil

Sekitar 50%-80% ibu hamil mengalami bengkak pada kaki (Babycentre.com). Seringnya keluhan kaki bengkak ditemui di trimester ketiga kehamilan. Sebenarnya, kondisi ini normal, karena saat hamil, tubuh banyak menahan cairan, juga lantaran janin yang bertambah besar dan menekan rahim sehingga peredaran pembuluh darah disekitar panggul jadi terhambat.
Bengkak di kaki akan tampak jelas bila pergelangan kaki ditekan dengan ujung jari maka kulit akan lama kembali ke posisi semula. Mendekati persalinan, biasanya tangan pun ikut bengkak sampai-sampai cincin di jari sulit dikeluarkan.
Bila diperhatikan, kondisi kaki bengkak akan memburuk di siang hari atau dalam keadaan cuaca panas dan akan membaik di pagi hari setelah ibu banyak berbaring. Namun tak usah khawatir, kondisi  ini akan menghilang setelah melahirkan.
Yang perlu diwaspadai jika kemunculan bengkak ini secara tiba-tiba di daerah wajah, kaki atau tangan. Sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Karena hal ini pertanda preekmalsia yang perlu penanganan serius demi keselamatan ibu dan janin.

TIPS MENGATASI :

Karena kondisi ini mormal terjadi pada ibu hamil, maka tak dianjurkan menggunkan obat-obatan,melainkan dengan cara-cara berikut :
·    Letakkan kedua kaki pada posisi agak tinggi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Misalnya, dengan disangga menggunakan tumpukan bantal kecil pada kaki. Jika ibu bekerja agar meletakkan bangku kecil di bawah mejanya untuk tempat kaki bertumpu.
·    Berbaring ke sisi sebelah kiri agar tidak menekan pembuluh darah yang banyak terdapat di sisi sebelah kanan.
·    Minumlah cairan yang cukup. Dengan hidrasi tubuh yang terjaga dapat membantu tubuh menimbun sadikit cairan.
·    Hindari banyak berdiri dan lakukan gerakan-gerakan tubuh seperti  berjalan atau melakukan olahraga semisal berenang.
·    Saat bepergian jauh, hindari duduk terlalu lama. Sesekali beristirahatlah  sekitar 15 menit dan lakukan gerakan-gerakan kaki untuk memperlancar perderan darah.
·    Perhatikan konsumsi makanan. Kurangi makanan yang asin-asin, karena konsumsi garam berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, akibatnya otomatis kaki akan bengkak.
·    Untuk kenyamanan bisa juga melakukan pemijatan tanpa tekanan di daerah pergelangan kaki ke arah lutut. Bisa juga dengan merendam kaki di air hangat setiap pagi dan malam.

Sumber : NAKITA
Replace with advertisiment code (recomended size 468 x 60)

0 komentar:

Posting Komentar